Cara Mengatasi Penyakit Maag Secara Alami dan aman

Cara mengatasi penyakit maag secara alami dan aman sebenarnya bisa ditempuh dengan beberapa langkah mudah. Penyakit maag sendiri berawal terjadinya luka atau peradangan pada lambung yang disebabkan oleh zat asing yang bisa melukai dinding lambung atau juga karena pola makan yang tidak teratur. Hal pertama yang sering kita rasakan perut terasa sakit melilit dan sakit jika berusaha tetap makan.

Jika penyakit maag sudah terlanjur menyerang, Cara mengatasi penyakit maag secara alami dan aman bisa menggunakan ramuan traditional yang terdiri dari 5 biji Kencur, Kayu manis 2 batang, Daun jambu biji 5 lembar, Pegagan 10 Lembar serta ketumbar 11 biji. Cuci semua bahan hingga bersih dan rebus semua ramuan tersebut ke dalam 4 gelas air dan biarkan hingga mendidih sampai tinggal sekitar dua atau tiga gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas sekali minum. Sementara untuk pencegahan agar penyakit maag tidak menyerang, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut :


  1. Makan teratur  dan jangan dengan porsi berlebih. Lebih baik makan sedikit-sedikit namun berulang kali karena lebih baik bagi lambung dan metabolism tubuh.
  2. Hindari susu, kopi, buah nangka, pisang ambon, kol, sawi, permen karet , kedondong, dan minuman bersoda karena bisa memicu peningkatan gas di dalam lambung.
  3. Hindari makanan pedas atau sangat asam, seperti cabai, merica dan cuka.
  4. Hindari pula makanan yang sulit dicerna seperti roti tart, keju dan cokelat.
  5. Hindari rokok.
  6. Tidak meminum minuman beralkohol


Penyakit maag bisa menyerang siapa saja dan dimana saja, karenanya kedisiplinan diri dalam menjaga makanan yang kita makan serta keteraturan waktu makan sangat penting bagi tubuh kita. Bagaimanapun juga lebih baik kita mencegah daripada mengobati penyakit yang datang. Penyakit maag bisa dikategorikan ke dalam 3 tahapan, maag ringan, maag akut dan kanker lambung. Oleh karenanya jika kita sudah terjangkit oleh sakit maag, lebih baik segera kita perbaiki pola makan sehingga kita akan terhindar dari resiko penyakit maag yang berbahaya. Semoga artikel cara mengatasi penyakit maag secara alami dan aman bisa berguna bagi para pembaca.