Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan aman

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan aman bisa kita lakukan asalkan mengikuti standar dan  prosedur yang tepat. Perlu kita ketahui, keputihan merupakan suatu infeksi yang terjadi pada organ intim kewanitaan akibat jamur maupun bakteri. Hal ini biasanya terjadi karena berbagai sebab. Jika seseorang menderita keputihan, tanda awal biasanya adalah keluar cairan atau lendir bening yang berasal dari organ intim. Keputihan jika sudah parah harus segera diperiksakan ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin karena dikhawatirkan merupakan tanda awal terjadinya penyakit yang lebih serius. Keputihan bisa dikategorikan menjadi dua, ringan dan berat. Keputihan ringan adalah keputihan yang wajar dialami siapa saja akibat kelelahan atau sebab lain namun tidak berwarna dan tidak berbau. Keputihan berat adalah jika keputihan sudah berubah menjadi berwarna dan sangat berbau. Dalam tahap ini penanganan yang lebih serius sangat dibutuhkan.

Pada tahap awal terjadinya keputihan, sebaiknya segera di atasi agar tidak bertambah parah. Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan aman bisa kita lakukan dengan tips-tips berikut :

  1. Gunakan cairan khusus pembersih vagina yang tidak merusak atau mengurangi kestabilan PH di area Vagina. Hal ini penting karena jika PH di sekitar vagina tidak seimbang, maka akan memicu perkembangan jamur dan bakteri menjadi lebih banyak.
  2. Setiap kali habis buang air kecil selalu keringkan area di sekitar vagina. Hal ini menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri yang merugikan tubuh sehingga memicu keputihan.
  3. Hindari menggunakan pakaian dalam atau celana yang ketat. Karena pakaian yang ketat akan membuat sirkulasi udara terganggu sehingga tingkat kelembaban menjadi tinggi dan tidak terkontrol.
  4. Sering-seringlah berganti pembalut pada saat menstruasi. Selain kebersihan lebih terjaga juga mengantisipasi tumbuhnya jamur di area vagina.
  5. Hindari penggunaan panty liners yang mengandung pewangi. Hal ini karena akan mengakibatkan ph di area organ kewanitaan menjadi tidak stabil.
  6. Gunakan air dari rebusan daun sirih untuk membersihkan organ kewanitaan sehingga terbebas dari keputihan. Air daun sirih memiliki bahan anti bakteri yang baik untuk membunuh kuman.


Demikian tips mudah mengenai Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan aman.